Lulu, Sopandi and Sri, Karmila Novita Sari and Mardiana, Mardiana (2022) Integrasi geogebra dan problem-based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep materi SPLDV. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (1): 3. pp. 25-36. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_1_2022-3.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini, pembelajaran yang mengintegrasikan Geogebra dan Problem-Based Learning dilakukan guna mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif, yang mana pada penelitian sebelumnya, model pembelajaran sering kali dilakukan secara murni tanpa kombinasi media yang tepat. Ketika intervensi dilakukan, ditemukan bahwa hasil post-test kelas eksperimen meningkat secara signifikan. Pembelajaran SPLDV menggunakan Geogebra terintergrasi PBL dibanding dengan metode konvensional, metode konvensional menghasilkan hasil yang jauh lebih buruk. Integrasi Geogebra dan PBL dianggap lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Skor N-Gain meningkat sebesar 75% di kelas eksperimen, menunjukkan bahwa itu cukup efektif. Sedangkan di kelas kontrol juga terjadi peningkatan, namun hanya sebesar 50%, yang berarti kurang efektif. Ini menjadi bukti bahwa implementasi integrasi Geogebra dan PBL lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi SPLDV
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, SPLDV, Problem-based learning, Learning methods, Geogebra, Mathematics education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 20 Apr 2024 13:26 |
Last Modified: | 20 Apr 2024 13:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24260 |