Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi turunan fungsi Kelas XI SMA

Lea, Lea and Theresia, Sukma Mantili and Etthy, Christin (2022) Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi turunan fungsi Kelas XI SMA. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (1): 2. pp. 15-24. ISSN 2797-2097

[thumbnail of 2797-2097_2_1_2022-2.pdf]
Preview
Text
2797-2097_2_1_2022-2.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis siswa yang berjumlah 3 soal sesuai dengan indikator pemahaman matematis siswa. Setelah pengumpulan data, peneliti menganalisis hasil pengerjaan soal kemampuan pemahaman matematis dan hasil wawancara untuk melihat kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Kristen Filadelfia masih rendah yang ditunjukkan dengan terdapatnya banyak kekeliruan penyelesaian soal kemampuan pemahaman matematis khususnya pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dalam materi turunan fungsi, memberi contoh dan bukan contoh dari konsep, serta pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis yang dinyatakan dalam materi turunan fungsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman matematis, Turunan fungsi, Upper secondary education, Mathematics education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 20 Apr 2024 13:22
Last Modified: 20 Apr 2024 13:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24259

Actions (login required)

View Item
View Item