Analisis penentuan prioritas kriteria pemeliharaan Jalan Kabupaten Kebumen menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR)

Khusni, Tamrin and Fitri, Nugraheni (2023) Analisis penentuan prioritas kriteria pemeliharaan Jalan Kabupaten Kebumen menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR). In: Proceeding Civil Engineering Research Forum.

[thumbnail of 2962-2697_2_2_2023-14.pdf]
Preview
Text
2962-2697_2_2_2023-14.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan suatu prasarana transportasi darat yang berfungsi menghubungkan suatu daerah dengan daerah lain yang mempunyai peranan sangat penting dalam menunjang kegiatan baik dari segi ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria prioritas pemeliharaan jalan kabupaten di Kabupaten Kebumen. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR). Pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan pengisian kuesioner kepada responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode CBR sampai pada tahap retrieve, namun pada penelitian selanjutnya akan dilanjutkan sampai pada tahap reuse, revisi, dan retensi. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan terdapat lima kriteria dalam menentukan prioritas pemeliharaan jalan kabupaten di wilayah Kabupaten Kebumen. Kriteria pertama adalah kriteria biaya penanganan yang terbagi dalam tiga subkriteria yaitu rutinitas jalan, pemeliharaan jalan, dan rehabilitasi. Kriteria kedua adalah kriteria kondisi jalan yang terbagi dalam tiga subkriteria yaitu rusak sedang, rusak ringan, dan rusak berat. Kriteria ketiga adalah pembangunan wilayah, kriteria ini terbagi menjadi tiga subkriteria yaitu industri, perdagangan dan pariwisata. Kriteria yang keempat adalah kriteria kebijakan, kriteria ini terbagi menjadi dua subkriteria yaitu pemerintah dan masyarakat. Dan kriteria terakhir adalah aksesibilitas yang terbagi dalam dua subkriteria yaitu nilai strategis jalan dan hubungan antar pusat kegiatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Case based reasoning, CBR, Kriteria, Pemeliharaan jalan. Road maintenance,Criteria, Analysis methods.
Subjects: Civil Engineering
Civil Engineering > Highway Engineering
Urban & Regional Technology & Development > Transportation & Traffic Planning
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:13
Last Modified: 14 Nov 2023 03:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item
View Item