Penguatan sumber daya manusia melalui reformasi lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan di Sumatera Barat

Irma, Aldiani and Yualiana, Nelisma (2022) Penguatan sumber daya manusia melalui reformasi lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan di Sumatera Barat. Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2): 1. pp. 100-114. ISSN 2656-226X

[thumbnail of 2656-226X_4_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2656-226X_4_2_2022-1.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab besar suatu bangsa. Semua komponen dan faktor pendukung keberhasilan pendidikan memiliki hubungan yang sangat erat. Tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, pustakawan, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, tutor dan petugas kebersihan. Dalam konteks lembaga pendidikan, salah satu faktor kunci keberhasilan pengelolaan lembaga pendidikan adalah kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah, pengasuh pesantren, dekan, rector, dan seluruh elemen pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian konseptual dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan aset perusahaan yang harus dijaga. Pemberdayaan sumber daya manusia Indoensia yang dikelola secara teratur dan sistematis akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sumber daya manusia, Reformasi lembaga pendidikan, Tenaga kependidikan, Human resources development, Reformation, Educational institutions
Subjects: Administration & Management
Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 20 Apr 2024 12:27
Last Modified: 20 Apr 2024 12:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24227

Actions (login required)

View Item
View Item