Dea, Gustiani and Elva, Nurul Aini and Muhammad, Sofyan (2022) Peran pembiasaan kegiatan di madrasah dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Miftahul Huda. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1 (2): 7. pp. 139-147. ISSN 2986-0946
2986-0946_1_2_2022-7.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Sekolah merupakan salah satu tempat untuk membentuk sebuah karakter siswa menjadi lebih baik. Didalam kegiatan sekolah ini pasti ada pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik. Pembiasaan ini merupakan sebuah proses untuk membentuk sikap dan perilaku peserta didik yang dilakukan melalui proses pembelajaran secara berulang-ulang yang lama kelamaan akan menetap menjadi sebuah pembiasaan baik dilakukan secara bersama-sama ataupun secara mandiri. Dengan cara melakukan pembiasaan-pembiasaan yang ada disekolah dapat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa. Pendidikan karakter disekolah dasar ini untuk membentuk karakter siswa dan kepribadian peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi seseorang yang memiliki akhlak, nilai moral, dan dapat berprilaku baik. Maka dari itu sekolah dalam lembaga pendidikan sangat diharapkan dapat meningkatkan kualitas karakter bangsa yang semakin memudar. Jadi sekolah bertanggung jawab bukan hanya dalam mencetak siswa yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dalam karakter dan kepribadian para peserta didik menjadi lebih baik lagi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pembiasaan kegiatan, Karakter, Islamic education, Personality, Student character |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 06:14 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 06:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24158 |