Shahibul, Ardhi and Hadlun, Hadlun (2022) Pengaruh tingkat kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1 (2): 5. pp. 123-131. ISSN 2986-0946
2986-0946_1_2_2022-5.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Guru adalah pendidik profesional yang memiliki tugas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, menilai serta melakukan evaluasi terhadap peserta didik. Namun, seluruh pengabdian yang telah dilakukan guru berbanding terbalik dengan tingkat kesejahteraan guru yang masih tergolong rendah, termasuk di wilayah-wilayah terpencil. Bagi guru tingkat kesejahteraan yang memadai sangatlah penting untuk menopang kebutuhan finansialnya, dengan begitu guru akan fokus dan profesional dalam profesinya sehingga tidak ada guru yang mencari pekerjaan sampingan di luar profesinya sebagai guru. Guru yang memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi akan berpengaruh terhadap tingginya kinerja guru tersebut dalam bekerja. Kinerja guru yang baik akan berpengaruh terhadap suksesnya proses pembelajaran dan keberhasilan peserta didik. Pada kenyataannya pemberian tunjangan profesi belum maksimal di semua wilayah, termasuk di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Pengaruh tingkat kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah NTB. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata dengan sampel-yang diambil dari guru kelas satu sampai kelas enam Madrasah Ibtidaiyah Se -Kecamatan Pringgarata-secara purposive sampling sebanyak 80 guru. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian dan pengolahan data diperoleh bahwa: Terdapat pengaruh positif antara tingkat kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah NTB yaitu 29,80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesejahteraan Guru, Kinerja guru, Performance appraisal, Competency based teaching, Humanitarianism, Welfare economics |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 13:51 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 13:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24155 |