Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA)

Wawan, Samudera and Alfan, Hadi (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1 (2): 3. pp. 93-114. ISSN 2986-0946

[thumbnail of 2986-0946_1_2_2022-3.pdf]
Preview
Text
2986-0946_1_2_2022-3.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu perangkat pembelajaran IPA berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA)yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan mengacu pada pengembangan model 4D. Hasil uji validasi oleh ahli/validator menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak sebagai perangkat pembelajaran IPA, yang meliputi silabus diperoleh rata-rata skor 3,32 dengan kategori baik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diperoleh rata-rata skor 3,29 dengan kategori baik, Lembar Kegiatan Siswa diperoleh rata-rata skor 3,16 dengan kategori baik, dan Intrumen Kemampuan Berpikir Kreatif diperoleh rata-rata skor 3,20 dengan kategori baik. Uji terbatas dilakukan pada kelas V1 di SDN dengan 18 responden, diperoleh hasil respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dengan rata skor 2,79 (praktis). Uji coba skala luas dilakukan di satu sekolah yaitu kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah kelas sebanyak 3 yaitu V3 dengan nilai N-gain sebesar 71,73 pada kategori Tinggi pada rentang N-gain > 70, V4 dengan nilai N-gain sebesar 66,69 pada kategori Sedang pada rentang 70 > N-gain ≥ 30, dan V5 dengan nilai N-gain sebesar 61,48 pada kategori Sedang pada rentang 70 > N-gain ≥ 30. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis RQA yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas, praktis, dan efektif sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SDN.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran dan RQA, Reading, Questioning, and Answering, Learning methods, Natural science education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 18 Apr 2024 13:19
Last Modified: 18 Apr 2024 13:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item
View Item