Husaen, Sudrajat and Risa, Herlina Hariati (2022) Profil kehadiran siswa di kelas dalam mewujudkan kedisplinan siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1 (2): 2. pp. 83-92. ISSN 2986-0946
2986-0946_1_2_2022-2.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya dapat membentuk manusia yang disiplin serta mandiri. Dalam pembelajaran di sekolah, salah satu contoh bentuk dari kedisiplinan adalah kehadiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kehadiran siswa sebagai salah satu wujud sikap kedisplinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dekskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 - 17 September 2022 di MI Nahdhlatul Abrar NWDI Nyangget Mataram. Instrumen yang digunakan adalah lembar catatan harian berupa daftar hadir dan catatan guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hari senin, sakit 3,1 %, izin 1,6 % dan alpa tidak ada. Untuk hari selasa, sakit sebesar 4,2 %, yang izin 0,5 % dan alpa 1,6 %. Pada hari rabu, sakit sebanyak 3,7
%, siswa izin 1,1 % dan alpa 0,5 %. Hari kamis, sakit 3,1 %, siswa izin 0,5 % dan alpa 0 %. Pada hari jum’at sakit sebanyak 4,2 %, izin 0,5 % dan alpa 0,5 %. Terakhir di hari sabtu, sakit sebanyak 2,6 %, siswa izin 0 % dan siswa alpa 1,6 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa tergolong tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil, Kehadiran, Kedisplinan, School discipline, Learning processes, Profiles |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 12:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 12:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24152 |