Penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD

Septiyadi, Sobar Barokah Saripin (2023) Penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 13. pp. 411-420. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_3_2023-13.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_3_2023-13.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatankonstruktivisme melalui media LKPD; 2) sama-tidaknya penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakanpendekatan konstruktivisme melalui media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di semester genap 2022/2023. Populasiadalah para siswa kelas X SMK Negeri Pertanian Pembangunan Lembang. Populasi berjumlah 44 siswa kelas X SMK Negeri PertanianPembangunan Lembang. Jumlah ini terbagi dari 22 siswa kompetensi Agribisnis Tanaman dan 22 siswa kompetensi Agribisnis PengolahanHasil Pertanian. Sampel penelitian ini berjumlah 40 yang terbagi sama banyak untuk 2 jenis kompetensi. Instrumen utama penelitiandeskriptif ini adalah kuesioner tentang penilaian siswa dalam pembelajaran teks negosiasi menggunakan pendekatan konstuktivisme melaluimedia LKPD. Kuesioner disusun mengikuti prosedur objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat validitas isi. Kuesioner pendukung:1) LKPD yang berisi 5 fase pembelajaran yakni: orientasi, pencetusan ide, rekonstruksi ide, aplikasi ide, dan refleksi; 2) RPP pembelajaranteks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD. Data dianalisis menggunakan prosedur stastistik deskriptifmelalui prinsip modus dan persen. Hasil penelitian: 1) penilaian siswa terhadap pembelajaran membaca teks negosiasi menggunakanpendekatan konstruktivisme melalui media LKPD berkategori jawaban sangat suka; 2) tidak terdapat perbedaan penilaian siswa terhadappembelajaran membaca teks negosiasi menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui media LKPD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian siswa, Pembelajaran Membaca, Teks negosiasi, Pendekatan konstruktivisme, Media LKPD. Student evaluation, Learning readiness, Learning Methods.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:20
Last Modified: 13 Nov 2023 06:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24140

Actions (login required)

View Item
View Item