Peningkatan keterampilan membaca gagasan paragraf melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin pemaknaan leksikal

Muringan, Debataraja (2023) Peningkatan keterampilan membaca gagasan paragraf melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin pemaknaan leksikal. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 11. pp. 391-400. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_3_2023-11.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_3_2023-11.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan menemukan gagasan paragraf sederhana melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin pemaknaan leksikal; 2) besaran tuntas keterampilan menemukan gagasan paragraf sederhana melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin pemaknaan leksikal. Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2022-2023 di kelas 4 SD Negeri 003 Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Subjek penelitian adalah 16 dari 24 siswa kelas 4 yang belum mencapai KKM 70,00 pada pembelajaran reguler. Instrumen penelitian: 1) tes objektif tentang menemukan gagasan bacaan melalui pemaknaan leksikal yang valid dan reliabel; 2) LKPD yang berisi tutnjuk ajar tentang menemukan gagasan bacaan melalui pemaknaan leksikal dan berisi deskripsi tentang kosa kata yang dilengkapi dengan akti leksikal yakni arti menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia; 3) RPP; 4) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa; 5) alat rekam untuk digunakan di prosedur pelaksanaan dan observasi. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda sedangkan data prosedur pembelajaran dikumpulkan menggunakan tekni rekaman dari HP. Analisis data keterampilan menemukan gagasan bacaan menggunakan statistik deskriptif dan data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Hasil penelitian: 1) jumlah siswa kelas 4 SD Negeri 003 Pulau Kijang yang tuntas dalam pembelajaran di siklus pertama sebanyak 9 dari 16 siswa atau 56,25; 2) jumlah siswa kelas 4 SD Negeri 003 Pulau Kijang yang tuntas dalam pembelajaran di siklus kedua sebanyak 6 dari 7 siswa atau 85,71.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, Gagasan paragraf, Keterampilan proses, Tugas menyalin pemaknaan leksikal. Reading skills, Text structure, Learning methods.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:12
Last Modified: 13 Nov 2023 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item
View Item