Supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi guna mereproduksi paragraf model untuk bahan ajar terpadu

Tengku, Mustikawati (2023) Supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi guna mereproduksi paragraf model untuk bahan ajar terpadu. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 8. pp. 357-368. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_3_2023-8.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_3_2023-8.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori nilai paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, IPA, dan IPS untuk kelas 6 SD/MI. Kegiatan ini berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas 6 dengan sistem workshop. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 023 Pontianak Barat, Kalimantan Barat. Subjek penelitian adalah 3 guru kelas 6 dan 4 orang guru kelas 4 dan 5 SD Negeri 023 Pontianak Barat. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah LKG (lembar kegiatan guru) yang berisi pedoman dan sekaligus contoh reproduksi paragraf model untuk bahan ajar terpadu. Selain LKG, penelitian tindakan sekolah ini juga menggunakan instrumen dokumentasi yakni buku BSE tematik terpadu kelas 6 dan artikel ilmiah jurnal online yang relevan. Setiap paragraf model untuk bahan ajar terpadu dinilai dengan sistem progresif sampai dengan menghasilkan paragraf model untuk bahan ajar terpadu memenuhi syarat validitas isi. Penelitian tindakan sekolah ini menghasilkan paragraf model untuk bahan ajar terpadu yang memenuhi syarat validitas isi sehingga berkelayakan baik, yakni: 1) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas 6 SD/MI; 2) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI; 3) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran IPA untuk kelas 6 SD/MI; 4) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran IPS untuk kelas 6 SD/MI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi klinik, Kepala sekolah, Guru kelas tinggi, Paragraf model, Bahan ajar terpadu. Supervision inspection, Head master, learning materials.
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:04
Last Modified: 13 Nov 2023 06:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item
View Item