Perancangan game visual novel “Freshmen” sebagai media edukasi etika bermedia sosial sekolah menengah atas

Andreas, Naratama and T., Arie Setiawan Prasida and Jasson, Prestiliano (2023) Perancangan game visual novel “Freshmen” sebagai media edukasi etika bermedia sosial sekolah menengah atas. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23 (1): 4. pp. 32-39. ISSN 2721-5695

[thumbnail of 2721-5695_23_1_4.pdf]
Preview
Text
2721-5695_23_1_4.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang digunakan di era modern. Akan tetapi penggunaan media sosial tidak selalu berdampak positif, pelanggaran hukum sering terjadi di media sosial seperti ujaran kebencian dan penyebaran hoax. Kalangan SMA menjadi salah satu kalangan yang rawan menjadi korban atau pelaku pelanggaran di media sosial dikarenakan tingkat emosi yang belum stabil walau sudah dapat berpikir secara kritis. Solusi berupa media pembelajaran berbentuk game edukasi Visual novel berjudul “Freshmen” dikembangkan dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SMA akan pentingnya etika dalam bermedia sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah satistik deskriptif. Hasil evaluasi menunjukan bahwa siswa menjadi lebih paham tentang etika dalam bermedia sosial setelah bermain game “Freshmen”.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Visual novel, Etika dalam bermedia sosial, Social media, Learning methods, Teaching materials, Upper secondary education, Novel
Subjects: Communication
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 18 Apr 2024 12:41
Last Modified: 18 Apr 2024 12:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24125

Actions (login required)

View Item
View Item