Upaya meningkatkan keterampilan membaca cerita anak melalui teknik tes kloz menggunakan pendekatan individual

Naharuddin, Naharuddin (2023) Upaya meningkatkan keterampilan membaca cerita anak melalui teknik tes kloz menggunakan pendekatan individual. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 7. pp. 345-356. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_3_2023-7.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_3_2023-7.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca cerita anak melalui teknik tes kloz menggunakan pndekatan inudividual. Penelitian ini berlangsung di kelas 5 SD Negeri 013 Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Penelitian dilaksanakan di pertengahan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Para siswa kelas 5 SD yang belumterampil membaca cerita anak sejumlah 13 dari 25 siswa merupakan subjek penelitian tindakan kelas ini. Instrumen penelitian ini: 1) media khusus yakni lembar teks kloz berisi 4 halaman kertas A4 ukuran huruf 12 times new roman 2 kolom; 2) RPP keterampilan membaca cerita anak melalui pendekatan individual menggunakan teknik tes kloz; 3) alat rekam yakni HP Android untuk mengumpulkan data kegiatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran pelaksanaan tindakan untuk prosedur observasi per siklus penelitian tindakan kelas; 4) instrumen tes unjuk kerja yang berisi satu soal tentang membaca cerita anak. Data keterampilan membaca cerita anak bagi siswa kelas 5 dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean, median, dan modus sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Sebanyak 10 siswa (dari 13 siswa) tuntas dalam pembelajaran di siklus-1 sedangkan untuk siklus 2 sebanyak 3 siswa (dari 3 siswa) tuntas pada KKM 70,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, Cerita anak, Teknik tes kloz, Pendekatan individual. Reading skills, Children, Learning methods.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:03
Last Modified: 13 Nov 2023 06:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24124

Actions (login required)

View Item
View Item