Mulyadi, Mulyadi and Darminton, Mondolalo (2023) Pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi bermedia LKPD. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 4. pp. 315-324. ISSN 2809-5367
2809-5367_2_3_2023-4.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD; 2) sama-tidaknya pencapaian belajar menulis pantun bebrbasis teks eksplanasi melalui media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kota pada pada pertengahan semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Palu. Mereka berjumlah 68 orang yang terbagi dari 21 siswa kelas VIII-A, 23 siswa kelas VIII-E, dan 24 siswa kelas VIII-F. Sampel ditetapkan sebanyak 59 siswa melalui formula yang dikembangkan Slavin. Jumlah ini terbagi dari 18 siswa kelas VIII-A, 20 siswa kelas VIII-E, dan 21 siswa kelas VIII-F yang ditarik secara random dari setiap kelompok populasi. Untuk mengumpulkan data pencapaian belajar menulis pantun melalui LKPD digunakan instrumen tes. Tes berbentuk tes unjuk kerja; memenuhi syarat validitas dan releabilitas. Penskoran pantun menggunakan indikator estetika yakni rima akhir, rima tengah dan rima awal dan indikator etika yakni ekspresi objektif yang termuat di dalam sampiran dan isi. Untuk menjawab rumusan masalah-1 digunakan prosedur statistik uji t satu sampel. Untuk menjawab rumusan masalah-2 digunakan prosedur statistik uji Anova searah. Hasil penelitian memperlihat bahwa:1) pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD bagi siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Palu berkategori tinggil 2) tidak terdapat perbedaan pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD bagi siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Palu per kelompok sampel.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pencapaian belajar, Menulis pantun, Teks eksplanasi, Media LKPD. Activity learning, writting, Learning methods. |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 05:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 05:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24116 |