Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Nusa Tenggara Timur

Mauwalan, Debi Asti Delila and Marianty, Resty and Funan, Yohanes A. Bes (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Nusa Tenggara Timur. Equilibrium: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 11: 5. pp. 41-46. ISSN 2620-3790

[thumbnail of 2620-3790_11_Apr_2023-5.pdf]
Preview
Text
2620-3790_11_Apr_2023-5.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah Gaya Kepemimpinan Demokratis berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi NTT”? . Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan Demokratis terhadap kinerja pegawai pada kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi NTT. Data yang digunakan berdasarkan sumbernya data primer dan data sekunder dan berdasarkan sifatnya data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisi korelasi produck moment dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 24.
Hasil analisis korelasi menunjukan adanya hubungan yang kuat antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja pegawai pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dibuktikan nilai r sebesar 0,291 dengan nilai signifikansinya 0,00. Karena lebih kecil dari alpa (α) 0,05. Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan persamaan Y = 11,422 + 0,584X. yang artinya persaman ini menunjukan bahwa nilai konstanta (a) sebesar 11,422 memberikan makna pada satu variabel bebas (gaya kepemimpinan demokratis) diasumsikan konstan atau tidak berubah maka variabel kinerja pegawai pada kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar 11,422 dan nilai koefisien (b) gaya kepemimpinan demokratis sebesar 0,584 menjelaskan bahwa variabel gaya kepemimpinan demokratis memiliki arah pengaruh yang positif terhadap variabel kinerja pegawai Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Nusa Tenggara Timur. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,265 dengan nilai signifikansi 0,00. Menolak Ho dan menerima Ha artinya ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai. Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan demokratis sebesar 70,91%.
Berdasarkan hasil analisis korealsi produck moment tentang pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai di kantor BLUD SPAM Provinsi NTT dapat disimpulkan bahwa antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja pegawai Kantor BLUD SPAM Provinsi NTT dapat dibuktikan dari hasil analisis korelasi sederhana, menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r) antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja pegawai pada Kantor BLUD SPAM Provinsi NTT sebesar 0,539, digolongkan hubungan yang kuat. Mengingat gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh terhadap kinerja pegawai maka disarankan kepada kepala Kantor Badan Layanan Umum Derah Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi NTT untuk menerapkan gaya kepemimpinan intruksi sehingga mendukung pegawai untuk mencapai kinerja sesuai dengan harapan instansi. Bagi peneliti selanjutnya untuk melengkapi variabel mengenai kineja pegawai dengan melakukan penelitian dengan faktor lain seperti faktor motifasi kerja, tingkat pendidikan, kompensasi, yang dapat mempengaruhi kienrja pegawai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, Kinerja pegawai, Leadership style, Performance appraisal
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:21
Last Modified: 18 Apr 2024 05:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item
View Item