Muslina, Muslina (2023) Peningkatan keterampilan membaca paragraf induktif melalui teknik tes opsi unik menggunakan pendekatan konstruktivisme media LKPD. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 3. pp. 303-314. ISSN 2809-5367
2809-5367_2_3_2023-3.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca paragraf induktif untuk siswa kelas 5 SD. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas SD Negeri 023 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik tes pilihan ganda 3 opsi yang diperkuat oleh pendekatan konstruktivisme yang menggunakan media LKPD. Fase pembelajaran dalam pendekatan konstruktivisme: orientasi, pencetusan ide, rekonstruksi ide, aplikasi ide, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini para siswa kelas 5 SD Negeri 023 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau yang belum tuntas dalam pembelajaran reguler. Mereka berjumlah 20 dari 28 siswa. Instrumen penelitian ini: 1) LKPD berisi kaidah tentang membaca paragraf induktif yang disusun menurut fase Needham dalam pendekatan konstruktivisme; 2) RPP peningkatan keterampilan membaca pemahaman; 3) alat rekaman untuk observasi pembelajaran pelaksanaan tindakan; 4) instrumen tes keterampilan membaca paragraf induktif. Data keterampilan membaca paragraf induktif dianalisis menggunakan perinsip mean dan persen yakni suatu ukuran statistik deskriptif. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Untuk siklus 1 menghasilkan 11 siswa tuntas dalampembelajaran dan untuk siklus 2 berhasil menuntaskan 9 siswa untuk mencapai KKM 73,00.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membaca, Paragraf induktif, Teknik tes pilihan ganda, Pendekatan konstruktivisme, Media LKPD. Reading skills, Learning Methods, Students. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 05:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 05:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24112 |