Naslinda, Naslinda (2023) Upaya meningkatkan pemahaman kisah teladan Ashabul Kahfi melalui teknik tugas menyalin di media LKPD. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 2. pp. 293-302. ISSN 2809-5367
2809-5367_2_3_2023-2.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini menerapkan prosedur perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, prosedur observasi, dan prosedur refleksi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman keteladanan kisah Ashabul Kahfi melalui teknik tugas menyalin dalam media LKPD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 006 Singkep pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 006 Singkep yang belum mencapai KKM 80,00 dalam pembelajaran reguler. Mereka berjumlah 10 dari 14 siswa. Instrumen penelitian tindakan kelas ini: 1) tes pemahaman keteladanan kisah Ashabul Kahfi berbentuk pilihan ganda 3 opsi yang memenuhi syarat validitas isi; 2) LKPD yang memuat kisah Ashabul Kahfi berdasarkan surah ke-18 al-Kahfi; 3) RPP yang memuat kegiatan belajar-mengajar berfokus kepada teknik tugas menyalin di LKPD; 4) pedoman observasi untuk kegiatan ssiwa dan guru dalam prosedur pelaksanaan pembelajaran; 5) HP Androit sebagai alat rekaman kegiatan inti dalam prosedur pelakskanaan tindakan kelas. Data pemahaman keteladanan kisah Ashabul Kahfi dianalisis menggunakan perinsip mean dan persen yang merupakan ukuran statistik deskriptif. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Untuk siklus 1 menghasilkan 6 siswa tuntas dalam pembelajaran dan untuk siklus 2 berhasil menuntaskan 4 siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan, Ashabul Kahfi, Teknik tugas menyalin, Media LKPD. Role models, Learning methods, Students. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 05:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24109 |