Fitri, Evita and Sofi, Andriyanti and Syafriyandi, Syafriyandi (2022) Terapi seni rupa pada anak berkebutuhan khusus di Homeschooling Buemily. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
2986-187X_1_2022-28.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
Abstract
Homeschooling Buemily memiliki 8 siswa berkebutuhan khusus dengan masalah neurologis yang berbeda-beda. Memiliki 7 guru yang berpengalaman sebagai terapis ABK namun tidak memiliki tutor yang ahli seni rupa. Mitra menyadari bahwa terapi seni rupa sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, namun sulit menemukan tutor yang ahli, karena merupakan bidang ilmu seni yang berkorelasi dengan ilmu psikologi, dimana proses terapinya memerlukan kerjasama yang sustainability. Pengabdi berkerjasama untuk melakukan terapi seni rupa terhadap siswa-siswa ABK mitra, sebagai upaya peningkatan kemampuan kognitif yang dalam pelaksanaannya dilakukan 12 kali pertemuan dengan model kelas komunitas dan metode berbeda dan bertahap pada tiap anak, sesuai dengan jenis kebutuhan pencapaian kemampuan anak yang dapat diamati. Selama proses pelaksanaannya terdapat pencapaian signifikan pada aspek kognitif, seperti bertambahnya durasi konsentrasi anak, berkembangnya cara membangun konsep dan tema pada karya, mulai memahami bentuk korelasinya terhadap aspek verbal, berkurangnya hiperaktif pada anak dan munculnya rasa percaya diri serta kepuasan terhadap pencapaian hasil karyanya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi, Seni, Rupa.Therapy, art, Visual learning. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Psychology Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:47 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24011 |