Penguatan literasi digital guru SD melalui pelatihan pembuatan media atraktif berbasis android

Muhammad, Radian Nur Alamsyah and Sekar, Jati Pamungkas (2022) Penguatan literasi digital guru SD melalui pelatihan pembuatan media atraktif berbasis android. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-25.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-25.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi digital merupakan kemampuan yang perlu dimiliki di abad 21. Secara nasional, kemampuan tersebut menjadi sasaran peningkatan dalam Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah. Guru Sekolah Dasar (SD) yang menjadi penggerak utama kemampuan literasi digital ditingkat pendidikan dasar perlu menguasai kemampuan tersebut, sehingga dapat mengakselerasi kemampuan para siswanya. Namun, hasil pengukuran awal terhadap para guru SD Negeri di Kelurahan Kemirirejo Kota Magelang mengindikasikan kemampuan tersebut belum optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital para guru SD, khususnya dalam pembuatan media atraktif berbasis android. Kegiatan ini dilakukan dengan metode workshop. Peserta kegiatan ini adalah para guru SD Negeri di Kelurahan Kemirirejo Kota Magelang sebanyak 27 orang. Data kemampuan literasi digital diukur menggunakan angket yang diberikan sebelum dan setelah kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui adanya peningkatan rata-rata sebesar 187,34%. Dengan demikian, dapat disimpulkan kegiatan pengabdian yang dilakukan telah berhasil meningkatkan kemampuan literasi digital para guru SD terutama dalam pembuatan media atraktif berbasis android.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Literasi digital, Guru SD, Media atraktif, Andori. Information literacy , Elentary school Teachers, Media literacy.
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Library & Information Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:32
Last Modified: 08 Nov 2023 09:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item
View Item