Pelatihan media pembelajaran board game sedekah dengan tema ragam hias motif arabesquetk Islam, Srengseng Sawah, Jagakarsa

Pratiwi, Kusumowardhani and Zainul, Hakim and Salsabila, Nur Awwalia (2022) Pelatihan media pembelajaran board game sedekah dengan tema ragam hias motif arabesquetk Islam, Srengseng Sawah, Jagakarsa. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-20.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-20.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan anak usia dini, permainan merupakan hal yang perlu dikembangkan dalam proses pengajaran. Diperlukannya pengembangan media pembelajaran dan media informasi yang menarik dan komunikatif , agar para siswa di sekolah dapat dengan mudah menangkap informasi dan pelajaran yang diberikan oleh para guru-gurunya di sekolah. Dalam penulisan pengabdian kali ini penulis memperkenalkan permainan pembelajaran board game sedekah dengan tema ragam hias motif arabesque. Motif arabesque merupakan motif ragam hias yang berasal dari timur tengah yang banyak diadaptasi dalam pembuatan masjid. Tujuan dari perkenalan permainan ini adalah agar para siswa mendapatkan ilmu sedekah dengan cara yang menarik yaitu dengan cara bermain yang menyenangkan. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah metode active-learning dan participatory-learning yang dimana anak-anak bermain langsung dengan para mentor dan gurunya, di iringi dengan penjelasan akan makna dan maksud dari sedekah. Setelah anak-anak usia dini ini bermain board game, para mentor langsung memberikan feedback berupa pertanyaan terkait dengan sedekah, dan para siswa dapat menjawab bahwa sedekah bukan hanya dengan uang saja, melainkan dengan berbagi makanan dengan sesama, senyum, dan membantu teman merapihkan mainan juga merupakan bagian dari sedekah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sedekah, Board game, Motif arabesque, Media pembelajaran. Learning methods, Learning Materials, Elementary school students.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:32
Last Modified: 08 Nov 2023 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item
View Item