Pemberdayaan estetika pada UMKM Kayla Souvenir

Umi, Hanifah and Fery, Wisnu Saputro and Erna, Chotidjah Suhatmi (2022) Pemberdayaan estetika pada UMKM Kayla Souvenir. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-19.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-19.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) ini melakukan pemberdayaan estetik tata letak produk pada UMKM Kayla Souvenir dengan melakukan tata letak layout produk yang efektif dan efisien serta redesign tata letak produk. Kegiatan ini memiliki target untuk peningkatan usaha UMKM dalam proses tata letak layout produk yang menarik dan membantu UMKM dalam membuka toko offline sebagai upaya peningkatan pendapatan usaha. Kegiatan ini dilakukan melalui 5 tahap yaitu (1) Penyusunan Materi, (2) Sosialisasi, (3) Persiapan Peralatan, (4) Pendampingan, dan (5) Monitoring. Tahap penyusunan materi, tim akan menyusun materi sosialisasi berkaitan dengan layout produk yang efektif dan efisien kepada pemilik UMKM Kayla Souvenir (usulan layout) dengan penggunaan unsur estetika dalam proses perencanaan layout. Tahap sosialisasi menggunakan metode pemaparan, diskusi dan sekaligus demonstrasi simulasi penataan layout agar mitra dapat memahami materi yang disampaikan. Tahap ini akan dikonsentrasikan untuk pengenalan tata letak produk yang efektif dan efisien. Tahap persiapan peralatan dilakukan oleh tim dan mitra untuk bekerjasama dalam mempersiapakan peralatan yang diperlukan dalam penataan layout produk yang efektif dan efisien dengan penggunaan unsur estetika dalam penataan layout. Tahap pendampingan dilakukan tim pengabdian melalui pendampingan dan pembinaan dalam upaya penataan layout produk yang efektif dan efisien yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM Kayla Souvenir dalam toko offline. Tahap monitoring akan dilakukan tim pengabdian secara berkala dan berkelanjutan. Pada tahap awal monitoring akan dilakukan setiap seminggu sekali untuk melihat perkembangan terhadap penataan layout yang telah dilakukan dalam peningkatan pendapatan UMKM. Selanjutnya, monitoring akan dilakukan setiap sebulan sekali untuk melihat dampak yang terlihat pada UMKM Kayla Souvenir dari segi pendapatan setelah melakukan perubahan tata letak layout produk.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Estetik empowerment, Redesain tata letak produk, Kayla Souvenir. Small business, Esthetics, Souvenirs.
Subjects: Administration & Management > Job Training & Career Development
Economics and Business
Economics and Business > International Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:27
Last Modified: 08 Nov 2023 07:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item
View Item