Pelatihan kameramen dan foto jurnalistik di lingkungan Kementerian Pendidikan Timor Leste

Ni Made, Widiastuti (2022) Pelatihan kameramen dan foto jurnalistik di lingkungan Kementerian Pendidikan Timor Leste. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-9.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-9.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penggunaan foto yang tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya atau waktu yang sebenarnya pada media social sebagai pemberitaan, kerap kali membuat kegaduhan di masyarakat. Pada masa sekarang ini, peran fotografi sebagai dokumentasi yang sesuai dengan kaidah jurnalistik sangat diperlukan di lingkungan kelembagaan. Hal ini dimaksudkan agar dapat memberikan informasi yang objektif kepada masyarakat. Seperti yang terjadi di lingkungan Kementerian Pendidikan Timor Leste, menginginkan staf Kementerian yang bertugas menjadi fotografer/wartawan resmi Kementerian memiliki kemampuan mengenai kameraman dan foto jurnalistik yang baik. Karena selama ini, staf kementerian hanya belajar otodidak mengenai penggunaan kamera dan foto jurnalistik. Melalui ini kemudian dilaksanakanlah pelatihan kameramen dan foto jurnalistik pada beberapa staf Kementerian Pendidikan Timor Leste. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ialah metode presentasi, praktikum dan diskusi. Hasil yang didapatkan ialah hasil karya foto yang merupakan implementasi dari praktek penggunaan kamera dan foto dokumentasi jurnalistik yang sesuai dengan kaidah foto jurnalistik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kameramen, Foto junalistik, Kementerian Timor Leste. training, Photojournalism, Government Institution.
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:45
Last Modified: 08 Nov 2023 06:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23992

Actions (login required)

View Item
View Item