Pelatihan berkomunikasi dengan baik dan percaya diri pada anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat Srengseng Sawah

Erlan, Saefuddin and Ingrid, Veronica and Nova, Darmanto (2022) Pelatihan berkomunikasi dengan baik dan percaya diri pada anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat Srengseng Sawah. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-8.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-8.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview

Abstract

Berkomunikasi adalah satu kebutuhan manusia yang tidak terelakkan. Berkomunikasi berarti mengirim dan menerima pesan satu sama lain. Dalam berkomunikasi manusia harus berada dalam satu kesepakatan makna tertentu. Jika kata, kalimat, atau paragraf yang diucapkan tidak tersampaikan dengan baik, berarti komunikasi itu gagal menjalani fungsinya. Selanjutnya, rasa percaya diri juga merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki manusia. Rasa percaya diri harus ditanamkan pada anak di masa pertumbuhannya. Kedua hal ini, baik berkomunikasi maupun rasa percaya diri dapat dilatih. Pelatihan berkomunikasi dengan baik dan rasa percaya diri inilah yang akan dilatih dan dikembangkan pada anak- anak di lingkungan Taman Bacaan Masyarakat Srengseng Sawah, Jagakarsa. Pelatihan ini akan dilakukan oleh tim pengusul/pengabdi. Kegiatan yang akan dilakukan ialah memberi contoh bagaimana berkomunikasi dengan baik dan bagaimana meningkatkan rasa percaya diri anak. Tunjuan kegiatan ini memberi solusi pada kebutuhan mitra karena masih adanya temuan bahwa sebagian anak- anak yang datang ke Taman Bacaan Masyarakat belum menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan baik karena sebagian besar belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan tujuan itulah tim pengabdi akan melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan rasa percaya diri pada anak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Berkomunikasi, Percaya diri, Taman Bacaan Masyarakat. Communication, Self confidence, Library services.
Subjects: Communication
Library & Information Sciences
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:41
Last Modified: 08 Nov 2023 06:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item
View Item