Mengembangkan kreativitas guru dalam menerapkan desain cover pada modul dan buku ajar di SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar

Muliaty, Muliaty and Adlin, Adlin and Besse, Irna Tawaddud and Haeruddin, Haeruddin and Abd., Gunaldi Muin and Andi, Sarnugrah (2022) Mengembangkan kreativitas guru dalam menerapkan desain cover pada modul dan buku ajar di SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya modul merupakan materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi tersebut, sedangkan buku ajar ditekankan hanya sebagai kelengkapan proses pembelajaran dengan ciri ruang lingkupnya dibatasi kurikulum dan silabus. Permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar yaitu mereka belum mengenal aplikasi untuk membuat cover, selama ini guru-guru hanya meminta jasa orang lain untuk membuat cover modul dan buku ajar mereka, dan belum pernah ada pelatihan terkait bagaimana mendesain cover. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun 31otoric, mengembangkan kreativitas dan memberikan motivasi guru-guru melalui aplikasi Adobe Photoshop agar mampu mandiri mendesain cover modul dan buku ajar. Metode yang digunakan agar tepat sasaran yaitu metode pembelajaran konvensional diskusi dan demonstrasi. Program pengabdian masyarakat ini dibuat untuk dapat membantu para guru di SD Inpres Tamalnrea 1 Makassar untuk dapat membuat modul dan buku ajar secara mandiri melalui aplikasi Adobe Photoshop dan suatu hal yang sangat membanggakan bagi seluruh tim pengabdi, ternyata pelatihan berdampak sangat positif dan berhasil : Guru-guru dapat menerapkan aplikasi Adobe Photoshop dalam membuat modul dan buku ajar secara mandiri. Mampu menuangkan kreativitas dalam membuat cover modul dan buku ajar yang kreatif dan kren, dan mampu mendesain modul dan buku ajar untuk seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Modul, Buku ajar, Adobe Photoshop.Teachers Evaluation, Learning materials, Photoshop.
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Building Industry Technology
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:12
Last Modified: 08 Nov 2023 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item
View Item