Desa binaan berbasis ekonomi kreatif pemanfaatan jerami menjadi barang unik dan bernilai seni di Desa Percut, Kabupaten Deli Serdang

Yusnia, Sinambela and Juwairiah, Juwairiah and Efrizal, Siregar and Nurianti, Sitorus (2022) Desa binaan berbasis ekonomi kreatif pemanfaatan jerami menjadi barang unik dan bernilai seni di Desa Percut, Kabupaten Deli Serdang. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-2.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-2.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview

Abstract

Desa Percut merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan yang terdiri dari sembilan belas dusun. Masyarakat mayoritas bekerja sebagai petani dan padi merupakan komoditas utama di desa ini. Panen padi di Desa Percut rata-rata 2-3 kali dalam setahun. Luasnya lahan sawah dan proses panen yang terus setiap tahunnya mengakibatkan banyaknya tumpukan batang padi (jerami) disekitar persawahan. Jerami tersebut umumnya tidak dipergunakan setelah panen, maka dianggap sebagai limbah alam / limbah pertanian karena tidak memiliki nilai jual maupun hanya sedikit nilai jual saja. jumlah pengangguran dan ibu-ibu rumah tangga usia muda yang masih produktif masih tinggi di Desa Percut. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pemanfaatan Jerami Menjadi Barang Unik dan Bernilai Seni akan membuka peluang bagi mereka untuk bekerja. Pembinaan dan pelatihan merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemberian kesempatan yang seluasluasnya bagi mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Padi, Jerami, Pelatihan, Unik, Seni. rice, training, Rice straw.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:09
Last Modified: 08 Nov 2023 04:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item
View Item