Christine Berlliana, Domi (2022) Peran orang tua dalam meningkatkan disiplin anak belajar PAK di rumah. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3 (1): 6. pp. 100-115. ISSN 2722-4473
2722-4473_3_1_2022-6.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
Abstract
Orang tua memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan agama bagi anak-anak mereka di rumah untuk menunjang keberhasilan anak dalam pembelajaran maupun untuk pembentukan
karakter anak. Untuk itu orang tua perlu meningkatkan disiplin belajar anak di rumah. Masalahnya banyak orang tua yang belum memahami bagaimana menjalankan peran untuk meningkatkan disiplin belajar anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana oang tua menjalankan peran meningkatkakn disiplin anak dalam pembelajaran PAK di rumah. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian adalah orang tua dapat berperan sebagai pendidik, panutan, pendorong, pengawas, teman atau sahabat, konselor, maupun imam. Secara khusus dalam belajar orang tua dapat berperan sebagai mentor dan motivator. Orang tua juga perlu menuntun anak kepada Yesus Kristus dan selalu mendoakan mereka. Agar anak tertib belajar orang tua dapat membantu anak membuat jadwal belajar di rumah dan mengawasi mereka dalam belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua, Disiplin belajar, Pendidikan agama Kristen, Parents role, Learn discipline, Christian education, Parent child relations, Parent responsibility, Parent responsibility |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Elfrida Meryance Saragih |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 13:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 13:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23981 |