Peningkatan kemampuan identifikasi warna pada anak dengan gangguan perkembangan intelektual di Desa Geneng, Ngawi

Dani, Robik Anwar and Aryono, Marcella Mariska and Leylasari, Herdina Tyas (2023) Peningkatan kemampuan identifikasi warna pada anak dengan gangguan perkembangan intelektual di Desa Geneng, Ngawi. SHARE: Journal of Service-Learning, 9 (1): 10. pp. 75-80. ISSN 2338-7866

[thumbnail of 2338-7866_9_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
2338-7866_9_1_2023-10.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan kognitif yang butuh diasah oleh anak dengan kendala pertumbuhan intelektual merupakan keterampilan identifikasi warna. Keterampilan identifikasi warna ialah salah satu materi pra-akademik yang wajib dipahami oleh anak. Untuk anak kendala pertumbuhan intelektual memahami warna bisa menunjang anak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk pengenalan ataupun identifikasi uang, pakaian, dsb. Keterampilan memahami warna ialah keterampilan awal guna melatih visual anak. Bersumber pada perihal tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Dusun Karang Asem II, Desa Geneng dengan mitra seseorang ibunda serta anak yang mengalami kendala pertumbuhan intelektual ini bertujuan guna menolong mitra dalam hal ini adalah anak dengan kendala pertumbuhan intelektual guna meningkatkan keterampilan pre- akademiknya, khususnya dalam perihal identifikasi warna. Dengan demikian pemecahan yang ditawarkan untuk mitra adalah dengan membagikan ABA Therapy (Applied Behavior Analysis Therapy) dengan metode DTT (Discrete Trial Training) serta pula membagikan psikoedukasi keluarga sehingga pengetahuan orang tua hendak‘ keistimewaan’ anaknya bertambah. Hasil penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan keterampilan anak RNV dalam melakukan identifikasi warna( khususnya warna primer) mengalami kenaikan yang baik. Perihal ini bisa dilihat dari kenaikan skor keterampilan identifikasi warna anak RNV saat sebelum serta sesudah diberikan pendampingan menggunakan ABA Therapy (Applied Behavior Analysis Therapy) dengan metode DTT (Discrete Trial Training).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi warna, Gangguan perkembangan intelektual, Applied behavior analysis therapy, Development disorders, Colors
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 13 May 2024 04:35
Last Modified: 13 May 2024 04:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item
View Item