Pengayaan kosa kata bahasa inggris untuk pelajar usia muda menggunakan metode Total Physical Response (TPR)

Marina, Marina and Rasyimah, Rasyimah and Sari, Dewi Kumala and Kurniawati, Kurniawati (2023) Pengayaan kosa kata bahasa inggris untuk pelajar usia muda menggunakan metode Total Physical Response (TPR). SHARE: Journal of Service-Learning, 9 (1): 2. pp. 7-13. ISSN 2338-7866

[thumbnail of 2338-7866_9_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2338-7866_9_1_2023-2.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Meuraksa yang terletak di Desa Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe Aceh. Tujuan program ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki oleh para pelajar dan menyediakan kesempatan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah mereka pelajari. Para pelajar ini belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai dikarenakan pihak sekolah belum memberikan pendidikan Bahasa Inggris secara formal. Hal ini mengakibatkan timbulnya permasalahan dimana penguasaan bahasa Inggris mereka belumlah mencapai tingkat yang cukup baik disebabkan penguasaan kosa kata yang masih rendah. Oleh karena itu sangatlah penting bagi mereka untuk mendapatkan pelatihan pengayaan kosa kata agar terjadi peningkatan penguasaan kosa kata. Sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi para pelajar ini, maka perlu diadakan pelatihan pengayaan kosa kata dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR). Metode TPR merupakan metode untuk pengajaran bahasa yang dalam penerapannya menggabungkan koordinasi perintah, ucapan dan gerak sehingga lebih mudah untuk menguasai suatu bahasa dalam pembelajarannya. Selain itu, kesempatan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah dipelajari juga diberikan dalam bentuk praktek pengucapan dan penulisan. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini meliputi (1) pengayaan kosa kata melalui metode TPR; (2) pelatihan pembalikan peran, dan (3) pelatihan urutan tindakan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah dipelajari. Dari kegiatan ini penguasaan kosa kata yang meningkat dapat membantu mereka dalam proses belajar di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengayaan kosakata, Metode TPR, Pelajar usia muda, English language, Total physical response, Islamic education, Vocabulary, Primary education, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 16 Apr 2024 14:57
Last Modified: 16 Apr 2024 14:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23939

Actions (login required)

View Item
View Item