Penguatan pembelajaran berbasis PJBL dan PBL pada guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar

Prijowuntato, Sebastianus Widanarto and Suratno, Ignatius Bondan and Astuti, Catharina Wigati Retno (2023) Penguatan pembelajaran berbasis PJBL dan PBL pada guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar. SHARE: Journal of Service-Learning, 9 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2338-7866

[thumbnail of 2338-7866_9_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2338-7866_9_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka mensyaratkan bahwa guru membelajarkan siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) merupakan dua contoh model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagian besar guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar Cabang Lombok sudah memahami kedua model pembelajaran tersebut. Namun, guru-guru masih ragu dalam menerapkan pada pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara perwakilan dosen FKIP Universitas Sanata Dharma pada tanggal 14 Januari 2022. Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa guru belum menggunakan pembelajaran yang bervariasi. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan penguatan pada guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar Cabang Lombok dalam menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, khususnya problem based learning dan project based learning. Metode yang digunakan mencakup empat langkah, yaitu: 1) persiapan dan perencanaan, 2) penguatan implementasi metode PJBL dan atau PBL melalui zoom meeting, 3) kegiatan terbimbing, dan 4) sharing implementasi pembelajaran setelah menerapkan PjBL dan atau PBL. Kegiatan sharing pembelajaran dilakukan untuk berbagi tentang pengalaman guru dalam mengimplementasikan PjBL dana tau PBL. Kegiatan sharing pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan zoom meeting. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guruguru mulai berani menerapkan model pembelajaran problem based learning dan atau project based learning, dan melakukan asesmen. Di samping itu, guru-guru juga sudah memahami cara membuat masalah dan projek yang kontekstual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Project based learning, Assessment, Problem based learning, Curriculum, Community services
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 16 Apr 2024 14:49
Last Modified: 16 Apr 2024 14:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23935

Actions (login required)

View Item
View Item