Kemampuan berpikir analisis siswa dalam menggunakan soal two tier multiple choice

Chusnul, Khotimah Galatea and Nanda, Ayu Rosyta Sari (2022) Kemampuan berpikir analisis siswa dalam menggunakan soal two tier multiple choice. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (2): 2. pp. 76-85. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_2_2022-2.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_2_2022-2.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analisis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar dalam menyelesaikan soal tipe two tier multiple choice. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan berpikir analisis yang sangat baik dengan persentase 80%, siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir analisis yang cukup baik dengan persentase 40%, sedangkan siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir analisis yang kurang dengan persentase 20%-30%. Lebih lanjut, kemampuan berpikir analisis siswa berdasarkan level kognitif menggunakan soal two tier multiple choice berbeda-beda tergantung dengan pencapaian indikator kemampuan berpikir analisisnya. Siswa yang cenderung menjawab benar pada second tier memiliki persentase lebih besar menjawab benar pada first tier.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir analisis, Two tier multiple choice, Thinking ability, Academic achievement
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 24 Apr 2024 14:28
Last Modified: 24 Apr 2024 14:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23916

Actions (login required)

View Item
View Item