Kusnul, Khotimah and Elis, Irmayanti and Bayu, Surindra (2021) Pengembangan e-modul ekonomi mata pelajaran ekonomi bisnis materi pelaku ekonomi untuk siswa kelas X AKL 1 SMKN 2 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7 (1): 7. pp. 71-80. ISSN 2621-2390
2621-2390_7_1_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (338kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian memiliki tujuan untuk menghasilkan e-modul ekonomi untuk siswa kelas X AKL 1 SMKN 2 Kediri. Metode yang dipakai dalam pengembangan pada penelitian ini adalah dengan pengembangan model ADDIE melalui lima tahapan, namun pada penelitian saat ini dibatasi sampai empat tahap. Uji validasi kepada tiga validator ahli, yaitu validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa. Uji validasi dalam penelitian ini dilaksanakan melalui dua tahap. Hasil uji validasi ahli materi pada tahap pertama mendapatkan nilai sebesar 80,83% dengan kriteria baik, mengalami peningkatan hasil pada tahap kedua dengan nilai 90,83% dengan kriteria sangat baik. Pada uji validasi ahli media media tahap pertama mendapatkan nilai 75% dengan kriteria cukup, dan tahap kedua meningkat dengan nilai 93,75% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya untuk uji validasi ahli bahasa mendapatkan nilai dengan kriteria cukup yaitu sebesar 65,63% dan meningkat pada tahap kedua sebesar 87,5% dengan kriteria baik. e-Modul yang saat ini dikembangkan dirasa cukup efektif dalam menunjang pembelajaran di kelas. Siswa bisa mengakses pada gadget masing-masing, tidak terlalu banyak menghabiskan kuota internet, disusun secara sistematis, serta disusun berdasarkan pedoman pegembangan e-Modul oleh Direktorat Pembinaan SMA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Mata pelajaran ekonomi, High school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:55 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23914 |