Hakim, Setyobudi and Syamsuri, Syamsuri and Maman, Fathurrohman (2022) Analisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (2): 1. pp. 67-75. ISSN 2541-2612
2541-2612_7_2_2022-1.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
Abstract
Riset ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Kemandirian belajar dikumpulkan ke dalam tiga sudut pandang, khususnya tidak bergantung pada orang lain, mengikuti dorongan sendiri, dan bertindak dengan cara yang terlatih. Pemeriksaan ini merupakan gambaran riset. Informasi eksplorasi dikumpulkan melalui survei, dan nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa kelas X tahun ajaran 2020/2021. Populasi riset adalah Siswa SMAN 1 Cikeusal Kabupaten Serang dengan sampel riset sebanyak 160 siswa Sampel ditentukan dengan proportional random sampling. Berdasarkan hasil riset didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Menurut hasil riset didapat kesimpulan kalau ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Besar sumbangan kemandirian belajar siswa terhadap hasil matematika sebesar 87% serta sisanya 13% disumbang oleh variabel lain tidak hanya kemandirian belajar. Sehingga kemandirian belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, Hasil belajar matematika, PLS-SEM, Academic achievement, Mathematics, Learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 04:45 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 04:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23909 |