Implementasi akad istishna’ pada jual beli rumah perspektif Fatwa MUI NO.06/DSN-MUI/IV/2000 (studi kasus di PT. Azzura Griya Utama Bekasi)

Asroni, Asroni and Irvan, Iswandi (2022) Implementasi akad istishna’ pada jual beli rumah perspektif Fatwa MUI NO.06/DSN-MUI/IV/2000 (studi kasus di PT. Azzura Griya Utama Bekasi). Metta Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (4): 5. pp. 723-732. ISSN 2962-794X

[thumbnail of 2962-794X_1_4_2022_5.pdf]
Preview
Text
2962-794X_1_4_2022_5.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia atau bahasa inggris dicetak miring dengan font Cambria 12 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. (Cambria, size 11 font Italic) PT. Azzura Griya Utama Bekasi adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang properti, yaitu jual beli rumah yang menggunakan sistem syariah murni, proses pembuatan akan menunggu adanya pemesanan dan akan dibuatkanya sesuai pemintaan pembeli. Proses pembayaran yang dilakukan diperbolehkankan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran dimuka, ditengah ataupun diakhir tanpa adanya batas waktu yang ditentukan. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang akan dikaji, yaitu bagaimana implementasi akad istishna’ Pada Jual Beli rumah di PT. Azzura Griya Utamaa Bekasi, dan bagaimana tinjauan akad istishna’ No,06/DSNMUI/IV/2000 terhadap implementasi akad istishna’ Pada Jual Beli rumah di PT. Azzura Griya Utama Bekasi. Penelitian ini tergolong dalam penelitian yang langsung terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisys, Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode wawancaradan dokumentasi kepada narasumber. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini diperoleh dua kesimpulan. Pertama Implementasi akad istishna’ Pada Jual Beli rumah di PT. Azzura Griya Utama Bekasi ini sesuai dengan kajian teori akad istishna‟, yaitu ketentuan barang yang dipesan jelas bentuk, kadar, dan informasinya. Untuk metode pembayaranya juga sesuai dengan akad istishna’ yaitu dibolehkannya membayar dimuka, ditengah ataupun diakhir saat barang yang dipesan siap untuk diterima oleh pembeli. Jangka waktu pembayaran yang tidak ditentukan sudah sesuai dengan akad istishna’ dimana tidak adanya pembatasan waktu dan tidak adanya bunga yang mengandung unsur riba. Kedua, mengenai adanya praktek akad istishna’ yang ada di PT. Azzura Griya Utama Bekasi teori yang digunakan sesuai dimana ketentuan tentangpembayaran dan ketentuan tentang barang yang dibuat sudah selaras dengan praktek akad istishna’ yang dipaparkan dari Fatwa DSN-MUI No 06/IV/2000.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akad Istihsna’, Rumah, Fatwa MUI No06/DSN-MUI/IV/2000, Islamic law, Contracts (Islamic law)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 02 May 2024 06:14
Last Modified: 02 May 2024 06:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item
View Item