Eksplorasi peran handphone berbasis android dalam pembelajaran daring di sekolah dasar

Mohamad, Sakban and Padlurrahman, Padlurrahman and Baiq Rismarini Nursal, Baiq Rismarini Nursal (2021) Eksplorasi peran handphone berbasis android dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7 (1): 5. pp. 52-58. ISSN 2621-2390

[thumbnail of 2621-2390_7_1_2021-5.pdf]
Preview
Text
2621-2390_7_1_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (341kB) | Preview

Abstract

Aktivitas pembelajaran di sekolah sejak menyebarnya pandemi covid-19 yang melanda dunia yang akibatnya pembelajaran dilakukan secara daring. Akan tetapi pada era globalisasi seperti saat ini handphone berbasis android dapat dijadikan sebagai media pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauh mana peran handphone berbasis android dalam pembelajaran secara daring di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei di mana peneliti mengambil 2 sampel sekolah yang ada di kecamatan Aikmel dengan jumlah responden sebanyak 105 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner yang terdiri dari 5 item pernyataan dan satu item pernyataan kesimpulan. Analisis daya yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran handphone dalam proses pembelajaran kurang efektif akan tetapi pada sisi lain handphone sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, Handphone, Pembelajaran daring
Subjects: Health Resources > Environmental & Occupational Factors
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:40
Last Modified: 29 Dec 2023 03:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item
View Item