Yudianto, Yudianto (2022) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode kolaborasi peserta didik kelas XII TKJ SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Metta Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (4): 3. pp. 695-712. ISSN 2962-794X
2962-794X_1_4_2022_3.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mapel PKN, khususnya pada aspek pemahaman siswa siswi pada pelajaran PKN. PKN bagi sebagian besar siswa adalah mata pelajaran yang membosankan . Hasil survei sederhana yang dilakukan peneliti setiap awal tahun, jika ada pertanyaan mata pelajaran apa yang disukai siswa, maka jawabannya hampir 70 % siswa menjawab selain mata pelajaran PKN. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada pokok bahasan pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan menggunakan metode problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan padabulan September sampai November 2019, bertempat di kelas XI SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode problem based learning tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntasadalah 14 siswa atau 46.66 %, nilai tidak tuntas pada siklus 1 adalah 16 siswa atau 53.33 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 2 siswa atau 80 % terjadi peningkatan 21.67 %. Disimpulkan bahwa metode problem basewd learning dapat meningkatkan hasil belajar mapel PKN.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila, Metode problem based learning, Problem-based learning, Academic achievement, Civic education, Vocational education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 14:17 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 14:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23900 |