Hasan, Ashari and Bambang, Sancoko (2021) Kompetensi widyaiswara di era digital dan media sosial. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7 (1): 2. pp. 11-30. ISSN 2621-2390
2621-2390_7_1_2021-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (677kB) | Preview
Abstract
Tranformasi digital menjadi perhatian pemerintah dengan dikembangkan layanan pemerintah berbasis teknologi dan media sosial. Demikian pula di bidang pelatihan/pengembangan kompetensi pegawai. Widyaiswara mempunyai peran penting dalam pengelolaan pelatihan. Widyaiswara dituntut melakukan transformasi sesuai perkembangan teknologi digital dan media sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi widyaiswara, media digital dan sosial yang tepat, serta pola kolaborasi lembaga pelatihan di era digital. Penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi literatur. Berdasarkan hasil pembahasan, minimal ada lima kompetensi yang harus dimiliki widyaiswara yaitu informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, kemampuan menciptakan konten digital, keamanan dan kemampuan memecahkan dan mengatasi persoalan secara teknis. Widyaiswara harus mampu memilih media digital dan media sosial yang tepat. Kolaborasi penggunaan media digital dan media sosial oleh lembaga pelatihan dapat meningkatkan efisiensi bahkan sumber penerimaan negara. Widyaiswara agile adalah karakter yang dapat menjawab tantangan di era digital. Beberapa hal yang direkomendasikan adalah widyaiswara harus mengembangkan kompetensi digital, perlunya kode etik bagi widyaiswara di era digital dan dibuat regulasi yang memungkinkan penerimaan negara dari penggunaan media sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Widyaiswara, Media sosial, Era digital |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23893 |