Peran guru Kristen sebagai penuntun terhadap minat belajar siswa selama pembelajaran daring

Nofri Isabela, Bano and Wiyun Philipus, Tangkin (2022) Peran guru Kristen sebagai penuntun terhadap minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Jurnal Shanan, 6 (2): 11. pp. 313-330. ISSN 2549-8061

[thumbnail of 2549-8061_6_2_2022-11.pdf]
Preview
Text
2549-8061_6_2_2022-11.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview

Abstract

Peran guru Kristen sebagai penuntun selama pembelajaran daring sangatlah berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dengan menuntun siswanya, guru memberi ruang kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada praktiknya, masih ada siswa yang bosan, pasif, dan tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan oleh kurangnya bimbingan dari guru. Akibatnya, siswa tidak memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru Kristen sebagai penuntun, terhadap minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur, yang menghasilkan pandangan bahwa guru Kristen menuntun siswa untuk menikmati keberadaan Tuhan di dalam proses pembelajaran, serta menjalani panggilan serta kompetensinya untuk melayani Tuhan. Kesimpulan yang diperoleh adalah peran guru Kristen sebagai penuntun, hanya dapat dilakukan dengan meneladani Kristus dan menjadikan Kristus sebagai landasan dalam mengajar, mendidik, memberi dorongan pada siswa, mempersiapkan setiap materi pembelajaran, dan menjadi agen rekonsiliasi Tuhan di dalam kelas. Guru Kristen disarankan untuk memfokuskan pembelajaran dan meneladani Kristus sebagai sumber dari segala sesuatu. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tindakan kelas terkait topik ini sehingga bisa terukur dan diterapkan di sekolah secara langsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru kristen, Minat belajar, Pembelajaran daring, Penuntun, Interest (learning), Electronic learning, Teachers
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 24 Apr 2024 14:01
Last Modified: 24 Apr 2024 14:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23891

Actions (login required)

View Item
View Item