Rose, Fitria Lutfiana (2021) Analisis kompetensi profesional guru melalui penggunaan media pembelajaran berbasis information technology. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2621-2390
2621-2390_7_1_2021-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (383kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis media pembelajaran yang memanfaatkan information technology agar bisa meningkatkan kompetensi profesional di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitiannya berupa deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 8 Batu selama tiga bulan yaitu pada Agustus-November 2020. Informan meliputi kepala sekolah serta semua guru di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Proses pengumpulan data yang digunakan meliputi studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Untuk proses analisis data yang dipilih adalah teknik analisis Milles Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (a) guru mampu melakukan pengelolaan pembelajaran berbasis information technology seperti edmodo, office 365, google classroom, dan WAG; dan (b) guru mampu merancang berbagai media pembelajaran berbasis information technology yang digunakan dalam pembelajaran seperti membuat video pembelajaran, membuat kuis dengan aplikasi quizzes dan PPT.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Information technology, Kompetensi professional |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:35 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23890 |