Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri

Kiky, Zuliana Sari and Tjejep, Yusuf Afandi and Bayu, Surindra (2021) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2): 6. pp. 62-69. ISSN 2621-2390

[thumbnail of 2621-2390_6_2_2020-6.pdf]
Preview
Text
2621-2390_6_2_2020-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (459kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya siswa memiliki asumsi yang positif terhadap cara yang digunakan oleh guru mata pelajaran terhadap caranya dalam mengajar dan menyampaikan materi. Berdasarkan hasil penelitian awal di SMK PGRI 3 Kediri, diketahui bahwa nilai yang didapatkan oleh siswa kurang maksimal. Di mana hasil belajar yang diperoleh siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar tujuh puluh lima (75). Penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui adanya pengaruh antara metode guru dalam mengajar dan tingkat kemandirian dalam belajar siswa, serta adanya perubahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi ganda. Dimana yang menjadi objek adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan adanya pengaruh positif atau memiliki pengaruh yang signifikan mengenai metode dan cara yang digunakan oleh guru dalam mengajar, maupun adanya pengaruh antara kemandirian yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran terhadap adanya hasil yang diperoleh siswa dalam belajar di sekolah. Selanjutnya persepsi siswa mengenai metode yang digunakan guru dalam mengajar dan menunjukkan adanya kemandirian dalam belajar, secara simultan memiliki pengaruh yang positif serta signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode mengajar guru, Kemandirian belajar, Hasil belajar karakter religius, Validitas, Reliabilitas
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:18
Last Modified: 27 Dec 2023 08:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23884

Actions (login required)

View Item
View Item