Muhibah, Suraiya Irham and Erni, Munastiwi and Ahmad, Syukri Sitorus (2023) Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 7 (2): 3. pp. 78-84. ISSN 2746-4903
2746-4903_7_2_2023-3.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan PTK Model Arikunto yaitu Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam, Pada siklus I diawali dengan perecanaan, selanjutnya pelaksanaan pengenalan literasi digital dan penerapan steam. Penelitian melakukan observasi, kemudian refleksi setalah itu perbaikan. Setelah diperbaiki pada siklus II melakukan penguatan untuk mengecek kemajuan literasi digital anak dan mengadakan observasi kembali lalu membuat refleksi. Pada siklus III, melakukan penguatan pada litarasi digital dan penerapan steam. Maka peneliti menemukan hasil model Penelitian tindakan kelas Pada siklus pertama 3,2667 (Mulai Muncul) dengan nilai Sd sebesar 0,7988, pada siklus kedua sebesar 6,2(Berkembang sesuai harapan) dengan nilai Sd sebesar 0,7746 dan pada siklus ketiga, diperoleh 7,6 (Berkembangan sangat baik) dengan nilai Sd 0,5071. Hal ini membuktikan bahwa Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui steam pada anak usia dini memiliki pengaruh yang signifikan literasi digital pada penerapan steam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, Orang tua, Literasi digital, Metode steam, Letakkan, Digital literacy, Early childhood, Parent role |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 08:11 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 08:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23883 |