Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam

Muhibah, Suraiya Irham and Erni, Munastiwi and Ahmad, Syukri Sitorus (2023) Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 7 (2): 3. pp. 78-84. ISSN 2746-4903

[thumbnail of 2746-4903_7_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2746-4903_7_2_2023-3.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan PTK Model Arikunto yaitu Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam, Pada siklus I diawali dengan perecanaan, selanjutnya pelaksanaan pengenalan literasi digital dan penerapan steam. Penelitian melakukan observasi, kemudian refleksi setalah itu perbaikan. Setelah diperbaiki pada siklus II melakukan penguatan untuk mengecek kemajuan literasi digital anak dan mengadakan observasi kembali lalu membuat refleksi. Pada siklus III, melakukan penguatan pada litarasi digital dan penerapan steam. Maka peneliti menemukan hasil model Penelitian tindakan kelas Pada siklus pertama 3,2667 (Mulai Muncul) dengan nilai Sd sebesar 0,7988, pada siklus kedua sebesar 6,2(Berkembang sesuai harapan) dengan nilai Sd sebesar 0,7746 dan pada siklus ketiga, diperoleh 7,6 (Berkembangan sangat baik) dengan nilai Sd 0,5071. Hal ini membuktikan bahwa Peran orang tua dalam membangun literasi digital melalui steam pada anak usia dini memiliki pengaruh yang signifikan literasi digital pada penerapan steam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, Orang tua, Literasi digital, Metode steam, Letakkan, Digital literacy, Early childhood, Parent role
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:11
Last Modified: 04 Apr 2024 08:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item
View Item