Cooperative learning dengan metode STAD: Sebuah alternatif dalam meningkatkan minat belajar pada mata kuliah pendidikan agama Kristen

Elieser R., Marampa and Martina, Novalina (2022) Cooperative learning dengan metode STAD: Sebuah alternatif dalam meningkatkan minat belajar pada mata kuliah pendidikan agama Kristen. Jurnal Shanan, 6 (2): 10. pp. 297-312. ISSN 2549-8061

[thumbnail of 2549-8061_6_2_2022-10.pdf]
Preview
Text
2549-8061_6_2_2022-10.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview

Abstract

Permasalahan proses pembelajaran pendidikan agama Kristen di perguruan tinggi umumnya terletak pada minimnya motivasi belajar karena penggunaan metode konvensional yang sering diterapkan oleh pendidik. Alternatif model pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan adalah implementasi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode STAD. Riset ini bermaksud untuk mengetahui peranan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran yang akan berkorelasi terhadap ketuntasan belajar mahasiswa pada bidang studi pendidikan agama Kristen. Dalam memperoleh data penelitian, penulis melakukan penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan secara langsung di kelas untuk mengamati rangkaian peristiwa-peristiwa guna memperbaharui praktek dalam pembelajaran agar proses belajar berkualitas sehingga hasil belajar menjadi maksimal. Adapun hasil riset menunjukkan bahwa implementasi kooperatif learning dengan metode STAD dalam mata kuliah pendidikan agama Kristen memiliki korelasi yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa serta membuahkan produktivitas pembelajaran yang optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode STAD, Minat belajar, Pendidikan Agama Kristen, Cooperative learning, Christian education, Interest (learning)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:01
Last Modified: 24 Apr 2024 08:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23882

Actions (login required)

View Item
View Item