Wiyanti, Maratus Sholihah (2021) Strategi mengajarkan keterampilan hidup sehari-hari untuk anak dan remaja dengan retardasi mental: Sebuah review literatur. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2): 5. pp. 49-61. ISSN 2621-2390
2621-2390_6_2_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (307kB) | Preview
Abstract
Program pendidikan untuk siswa dengan retardasi mental menekankan pada persiapan siswa untuk hidup mandiri setelah selesai sekolah. Salah satu strategi pendidikan untuk anak dan remaja dengan retardasi mental adalah mengajarkan keterampilan hidup sehari-hari. Tujuan studi ini adalah untuk melakukan review literatur mengenai strategi mengajarkan keterampilan hidup sehari-hari untuk anak dan remaja dengan retardasi mental. Pencarian literatur dilakukan pada tujuh basis data, yaitu ERIC, SpringerLink, Science Direct, SAGE, JSTOR, Emerald Insight dan Google Schoolar. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian ini adalah “teaching daily living skill” and “mental retardation”; “teaching daily living skill” and “intellectual disability”.Total 5 artikel (N=614) akan direview dengan melalui proses skrining berdasarkan kriteria inklusif dan eklusif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat strategi untuk mengajarkan keterampilan hidup sehari-hari pada anak dan remaja dengan retardasi mental yaitu dengan menggunakan video prompting, video modelling, constant-timedelay dan most-to-least prompt procedures.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan hidup sehari-hari, Retardasi mental, Video prompting, Video modelling, Constant-time delay, Most-to-least prompt procedures, Literature review |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23881 |