Jimson, Sitorus and Anen Mangapul, Situmorang and Debora Inda Violita, Praing (2022) Kontribusi pemikiran John Wesley mengenai penerapan disiplin Rohani melalui Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar. Jurnal Shanan, 6 (2): 9. pp. 279-296. ISSN 2549-8061
2549-8061_6_2_2022-9.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pemenuhan kebutuhan jasmani harus berlangsung secara seimbang dengan kebutuhan rohani (ora et labora: bekerja dan berdoa). Namun, kebutuhan rohani tersebut kadang justru terabaikan. Sebabnya, para pengikut Kristus tertentu terlalu sibuk dengan pemenuhan kebutuhan bilologis. Kegiatan rohani menjadi kurang atau dianggap tidak penting. Sesuai masalah tersebut, maka tujuan tulisan ini adalah untuk menganalisis kontribusi pemikiran John Wesley mengenai penerapan disiplin rohani melalui Pendidikan Agama Kristen di sekolah dasar. Diperlukan penerapan disiplin rohani sejak masa anak-anak agar terjaga keseimbangan antara hubungan manusia kepada Tuhan (kebutuhan rohani) dengan pemenuhan kebutuhan jasmani. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan literatur atau studi kepustakaan. Kemudian, diuraikan tentang penerapan disiplin rohani sebagai kontribusi pemikiran John Wesley dan PAK di sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa, pemikiran John Wesley tentang penerapan disiplin rohani seperti berdoa, menggali isi Alkitab, sakramen serta kehidupan sosialnya ditekankan dalam PAK di sekolah dasar masa kini. Hal ini dapat dilihat melalui beberapa sumber seperti kurikulum dan buku pelajaran yang digunakan. Secara konkrit, penerapan disiplin rohani pada sekolah dasar antara lain; pembiasaan berdoa, menyanyikan lagu rohani, pembacaan Alkitab, termasuk adanya kegiatan ekstrakurikuler pembinaan iman Kristen selain kegiatan mata pelajaran di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin rohani, John Wesley, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Dasar, Christian religious education, John Wesley, Primary education, Spiritual discipline, School discipline Christian education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Elfrida Meryance Saragih |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:53 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23880 |