Rosalia, Dewi Nawantara (2021) Profil keterampilan memecahkan konflik interpersonal siswa berbakat istimewa di SMA Kota Malang. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2): 4. pp. 43-49. ISSN 2621-2390
2621-2390_6_2_2020-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (328kB) | Preview
Abstract
Siswa berbakat istimewa memiliki karakteristik yang sangat khas, yaitu memiliki kecerdasan, komitmen tugas, dan kreativitas yang tinggi. Beberapa poin tersebut lantas menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana keterampilan sosial mereka, khususnya mengenai keterampilan memecahkan konflik interpersonal. Seringkali kelebihan di bidang intelektual membuat anggapan bahwa social skill siswa berbakat istimewa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan memecahkan konflik interpersonal siswa berbakat istimewa di SMAN Kota Malang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survei dan teknik total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 162 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala keterampilan memecahkan konflik interpersonal yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memecahkan konflik interpersonal siswa berbakat istimewa di SMAN di Kota Malang terbanyak ada di kategori tinggi yaitu sebesar 76%. Pada kategori sangat tinggi sebesar 22%, kategori cukup sebesar 2%, dan kategori rendah serta sangat rendah sebesar 0%. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru BK dalam merencanakan layanan BK pada siswa berbakat istimewa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan memecahkan konflik interpersonal, Siswa berbakat istimewa, High school students |
Subjects: | Communication Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:07 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23879 |