Kajian kelas sosial pada rumah pegawai stasiun kereta api Kedjaksan Cirebon 1911-1942

Fifi, Lutfia Wardhani (2014) Kajian kelas sosial pada rumah pegawai stasiun kereta api Kedjaksan Cirebon 1911-1942. Purbawidya, 3 (2). pp. 141-156. ISSN 2252-3758

[thumbnail of Komplit Purbawidya 2014_6.pdf]
Preview
Text
Komplit Purbawidya 2014_6.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview

Abstract

Stasiun Kereta Api Kedjaksan merupakan salah satu landmark Kota Cirebon yang telah menjadi Cagar Budaya. Stasiun ini didirikan pada masa kolonial Belanda untuk melancarkan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di Indonesia. Kegiatan perkeretaapian yang ditinjau dari sistem perjalanan kereta api maupun kehidupan para pegawai pada Stasiun Kereta Api Kedjaksan Cirebon dapat direkonstruksi melalui kajian Arkeologi Industri dengan menggunakan pendekatan Arkeologi Sejarah. Alur masuk dan keluar kereta api, pegawai yang terlibat hingga kehidupan sosial dapat dilihat dari pembagian ruang pada komplek Stasiun Kereta Api Kedjaksan Cirebon. Berdasarkan analisis mengenai aspek yang diamati di atas didapatkan hasil bahwa Stasiun Kereta Api Kedjaksan Cirebon tegolong ke dalam stasiun besar berdasarkan letak, ukuran, dan bentuk. Selain itu, indikator yang menjadikan Stasiun Kereta Api Kedjaksan digolongkan ke dalam stasiun besar adalah terdapat kelas sosial para pegawai yang majemuk pada stasiun tersebut. Pembagian kelas sosial tersebut diamati melalui bentuk rumah dinas pegawai. Semua komponen yang ada pada kompleks Stasiun Kereta Api Kedjaksan Cirebon tersebut memiliki makna yang melingkupi kegiatan operasional perkeretaapian dengan kehidupan sosial di dalamnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Train, Station, Kedjaksan Cirebon railway station, Industrial archaeology, Social class
Subjects: Social and Political Sciences
Divisions: OR_Arkeologi_Bahasa_dan_Sastra
Depositing User: - Muhammad Indra
Date Deposited: 13 Oct 2024 02:25
Last Modified: 13 Oct 2024 02:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item
View Item