Analisis keterampilan bermain dam-daman terhadap hasil belajar matematika atlet senior Madrasah Diniyah

Bayu, Nugraha Murdiansyah (2022) Analisis keterampilan bermain dam-daman terhadap hasil belajar matematika atlet senior Madrasah Diniyah. Metta Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (4): 1. pp. 677-686. ISSN 2962-794X

[thumbnail of 2962-794X_1_4_2022_1.pdf]
Preview
Text
2962-794X_1_4_2022_1.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Sedangkan keterampilan bermain dam-daman setiap atlet sangat beragam. Setiap atlet memiliki kemampuan kecerdasan yang bergam juga dalam pemahaman matematika. Dengan begitu tingkat kemampuan intelegensi Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, dengan belajar tentu dapat di capai hal terebut dengan sungguh-sungguh. Hasil belajar dalam pendidikan merupakan evaluasi sejauh mana kemampuan belajar, untuk memperoleh hal tersebut siswa memiliki potensi agar lebih mampu membangun kecerdasan, pengetahuannya secara mandiri dan kreatif dengan kemampuan intelegensi. Dam-daman bermanfaat bagi kognitif anak termasuk kemampuan untuk meningkatkan empati, ingatan, kreativitas, dan keterampilan perencanaan dan pemecahan masalah, Sedangkan dalam pembelajaran sekolah hal itu di dapat dalam pembelajaran matematika menjadikan teliti, cermat dan sabar. atlet sangat mempengaruhi hasil belajar. Maka dari itu perlu adanya analisis bermain dam-daman terhadap pencapaian hasil belajar matematika atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis keterampilan bermain damdaman terhadap hasil belajar matematika atlet senior madrasah diniyah hidayatus sibyan Ponorogo. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan penedakatan kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah atlet senior madrasah diniyah hidayatus sibyan Ponorogo yang berjumlah 8 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, hasil keterampilan dan dokumteasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus mean, presentase, dan korelasional. Setelah melakukan analisis data diketahui bahwa dalam penelitian ini terdapat rata-rata nilai keterampilan bermain dam-daman yaitu 88,75 kemudian rata-rata niai hasil belajar matematika 86,25. Dan hasil dari data korelasional keterampilan damdaman dan hasil belajar matematika adalah 0,77443

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bermain, Dam-Daman, Hasil belajar, Matematika, Mathematics education, Academic achievement, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:41
Last Modified: 04 Apr 2024 03:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item
View Item