Regulasi emosi secara kognitif guru dan perilaku antisosial anak

Dema, Yulianto and Hanggara, Budi Utomo and Epritha, Kurniawati (2020) Regulasi emosi secara kognitif guru dan perilaku antisosial anak. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (1): 6. pp. 119-126. ISSN 2621-2390

[thumbnail of 2621-2390_6_1_2020-6.pdf]
Preview
Text
2621-2390_6_1_2020-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (264kB) | Preview

Abstract

Mengelola emosi dapat dilakukan dengan pendekatan kognitif dan perilaku. Pendekatan kognitif menjelaskan bahwa emosi yang dirasakan individu merupakan hasil dari penilaian terhadap situasi yang dihadapinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pendekatan regulasi emosi secara kognitif guru dalam menghadapi perilaku anti sosial anak TK. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Secara mendasar, studi pustaka terkait dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi yang diteliti. Pendekatan regulasi emosi secara kognitif yang dapat dilakukan guru, antara lain: (1) guru dapat mengajarkan regulasi emosi anak dengan cara menanggapi emosi dan mengajarkan tentang emosi; (2) guru dapat memberikan bimbingan dalam kompetensi emosional dengan cara memberikan contoh emosi yang positif dan negatif, cara menanggapi emosi anak, dan memanifestasikan emosi; (3) guru dapat berinteraksi dengan anak, sambil mengidentifikasi emosi yang sering muncul pada diri anak-anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Regulasi, Emosi, Kognitif, Guru
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:57
Last Modified: 27 Dec 2023 03:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item
View Item