Dema, Yulianto and Hanggara, Budi Utomo and Epritha, Kurniawati (2020) Regulasi emosi secara kognitif guru dan perilaku antisosial anak. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (1): 6. pp. 119-126. ISSN 2621-2390
2621-2390_6_1_2020-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (264kB) | Preview
Abstract
Mengelola emosi dapat dilakukan dengan pendekatan kognitif dan perilaku. Pendekatan kognitif menjelaskan bahwa emosi yang dirasakan individu merupakan hasil dari penilaian terhadap situasi yang dihadapinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pendekatan regulasi emosi secara kognitif guru dalam menghadapi perilaku anti sosial anak TK. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Secara mendasar, studi pustaka terkait dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi yang diteliti. Pendekatan regulasi emosi secara kognitif yang dapat dilakukan guru, antara lain: (1) guru dapat mengajarkan regulasi emosi anak dengan cara menanggapi emosi dan mengajarkan tentang emosi; (2) guru dapat memberikan bimbingan dalam kompetensi emosional dengan cara memberikan contoh emosi yang positif dan negatif, cara menanggapi emosi anak, dan memanifestasikan emosi; (3) guru dapat berinteraksi dengan anak, sambil mengidentifikasi emosi yang sering muncul pada diri anak-anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regulasi, Emosi, Kognitif, Guru |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 03:57 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 03:57 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23864 |