Skala Kesadaran Gender untuk siswa Sekolah Dasar (SKG-SD)

Guruh, Sukma Hanggara and Laelatul, Arofah and Santy, Andrianie (2020) Skala Kesadaran Gender untuk siswa Sekolah Dasar (SKG-SD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (1): 3. pp. 75-89. ISSN 2621-2390

[thumbnail of 2621-2390_6_1_2020-3.pdf]
Preview
Text
2621-2390_6_1_2020-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (414kB) | Preview

Abstract

Kesadaran gender merupakan kompetensi penting dalam perkembangan siswa SD sebagaimana terumuskan dalam SKKPD. Kasus kurangnya kesadaran gender dapat ditemukan di SD Negeri Kolomayan 2 Blitar yang belum dapat dipetakan tingkat kesadaran gendernya. Untuk dapat dijadikan sebagai landasan pemetaan maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Skala Kesadaran Gender (SKG-SD) Untuk Siswa Sekolah Dasar yang valid secara konten dan konstruk. Untuk mencapai tujuan penelitian yang diinginkan, peneliti menggunakan rancangan pengembangan instrumen. Adapun hasil yang didapatkan adalah SKG-SD dengan nilai validitas isi sebesar 1,00 yang berarti sangat layak. Selanjutnya hasil analisis butir alpha croncbach berhasil menyaring item-item SKG-SD menjadi 16 item saja dengan nilai reliabilitas akhir sebesar 0,879 dalam kategori sangat baik dan andal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Skala kesadaran gender, Siswa SD
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:04
Last Modified: 27 Dec 2023 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item
View Item