Budiman, Budiman and Hadlun, Mas’ud (2022) Implementasi manajemen program kelas unggulan (Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Huda Bagu Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1 (1): 5. pp. 41-52. ISSN 2986-0946
2986-0946_1_1_2022-5.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian di dalam karya ilmiah merupakan target yang hendak di capai melalui serangkaian aktivitas penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui bagaimana penerapan manajemen program kelas unggulan di Madrasah 2) Mendeskripsikan pengelolaan manajemen program kelas unggulan di Madrasah 3) mengetahui hasil implementasi dan menganalisis setiap permasalahan yang terjadi dalam penerapan manajemen program kelas unggulan di Madrasah. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian di Madrasah ibtidaiyah Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah NTB.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, Dalam pengumpulan data ini, penulis menggunakan sumber data sebagai berikut: data primer, dan Data Sekunder, Prosedur pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian ini adalah 1) Pengertian Kelas unggulan yang ada di MIQH Bagu adalah kelas yang menempatkan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dan memiliki kemampuan lebih dari siswa lain. 2) Input kelas unggulan diambil dari seleksi Penerimaan Siswa Baru dengan dua kriteria yang harus dipenuhi, diantarannya: program A disebut dengan program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), Program B adalah calon siswa harus memiliki nilai yang baik untuk mata pelajaran Tekhnologi dan keagamaan. 3) Dalam perekrutan guru juga memiliki beberapa kriteria, diantaranya: sebagai informator, fasilitator dan motivator, kreatif, inovatif dan terampil. 4) Penerapan kurikulum sama dengan kurikulum di kelas reguler, yakni menggunakan kurikulum 2013 dan ada penambahan waktu pelajaran. 5) Media, sarana prasarana dan lingkungan belajar
semua kelas dilengkapi dengan alat multimedia, Laboratorium, Perpustakaan, ruang kelas yang bersih, rapi, asri dan nyaman digunakan oleh siswa. 6) Dalam menilai hasil belajar menggunakan tiga aspek penilaian yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen, Program kelas unggulan, Implementation, Management, Class Seed, Educational management, Educational quality, Islamic education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 05:16 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 05:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23857 |