Peran electronic commerce dalam pemasaran kewirausahaan untuk mengembangkan kinerja UMKM

Stivaniyanti, Atmanegara and I, Dewa Made Yuda Mahendra and Emha, Diambang Ramadhany and Dewi, Masruroh and Elinda, Wati (2023) Peran electronic commerce dalam pemasaran kewirausahaan untuk mengembangkan kinerja UMKM. Jurnal Simki Economic, 6 (1): 26. pp. 269-281. ISSN 2599-0748

[thumbnail of 2599-0748 _6_1_2023_26.pdf]
Preview
Text
2599-0748 _6_1_2023_26.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Mulai dari smartphone, netbook, komputer, hingga perangkat lainnya, internet telah memainkan peran penting dalam membentuk cara hidup baru kita. Salah satu aspek baru yang muncul adalah belanja online, di mana masyarakat sekarang dapat dengan mudah berbelanja melalui platform daring. Fenomena ini sering disebut sebagai perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce). Dalam bisnis, penting untuk menerapkan e-commerce dalam kegiatan pemasaran, penjualan, dan layananpelanggan. Banyak orang berpendapat bahwa pemasaran melalui internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional karena mengatasiberbagai hambatan seperti kesulitan masuk pasar, batasan negara, dan kurangnya aturan yang berlaku dalam pemasaran konvensional. Pengkajian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian dan perdebatan yang telah dilakukan, komponen pendapatan keseluruhan, standar bisnis, jenis media e-commerce yang digunakan, dan jumlah pengunjung media e- commercememiliki pengaruh negatif minimal terhadap pertumbuhan usaha mikro dan kecil. Kesimpulan ini didukung oleh fakta bahwa keuntungan yang diperoleh dari penerapan ecommerce di sektor usaha mikro dan kecil lebih fokus pada keuntungan jangka panjang yang tidak langsung terkait dengan peningkatan pendapatan secara langsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Bisnis, E-commerce, Electronic commerce, Small scale enterprises, Internet, Marketing techniques
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:55
Last Modified: 04 Apr 2024 02:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23838

Actions (login required)

View Item
View Item